Manajemen Pemasaran sering disebut
manajemen permintaan karena manajemen pemasaran berupaya
mempengaruhi tingkat dan karakter permintaan dengan cara yang akan membantu
pencapaian tujuan organisasi.
Menurut Fuad, dkk (2008 : 124) ada
delapan permintaan yang berbeda-beda. Pada tiap keadaan, ada tugas tertentu
yang harus dilakukan manajemen pemasaran. Kedelapan permintaan tersebut, yaitu
:
1. Permintaan negatif (negative demand)
2. Tidak ada permintaan (no demand)
3. Permintaan terpendam (latent demand)
4. Permintaan yang menurun (falling
demand)
5. Permintaan yang tidak teratur
(irregular demand)
6. Permintaan penuh (full demand)
7. Permintaan yang berlebihan (overfull
demand)
8. Permintaan yang tidak sehat
(unwholesome demand)
Perbedaan Kebutuhan dan
Keinginan Berdasarkan Konsep Inti Pemasaran
Kebutuhan dalam konsep pemasaran
merupakan suatu hal yang penting baik bagi konsumen maupun pemasar karena dari
kebutuhan itulah tercipta produk yang akan di pasarkan kepada konsumen sehingga
akan berkaitan dengan pemasar.
Keinginan merupakan suatu hal yang
diinginkan dan diharapkan agar dapat memperoleh sesuatu yang di dambakan baik
oleh konsumen maupun pemasar sendiri, karena seorang pemasar berkeinginan untuk
bisa memuaskan konsumen serta dapat memajukan perusahaannya.
· Perbedaan Pasar dan Pemasaran
Pasar
adalah konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan
keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.
· Pemasaran
merupakan kegiatan pemasar untuk menjalankan suatu bisnis (profit atau
nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa,
menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses
pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Yang dimaksud dengan Bauran Pemasaran(Marketing Mix)
Kombinasi variabel atau kegiatan
memasarkan itulah yang merupakan inti dari sistem pemasaran. Sedikitnya ada 4
aktivitas pemasaran dan disebut dengan “Bauran Pemasaran atau “Marketing Mix”.
Beragam definisi atau pengertian “Bauran
pemasaran” atau “marketing mix” disampaikan pakar marketing namun secara umum
dapat disampaikan adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat
dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan
pemasaran dalam pasar sasaran
Keempat bauran pemasaran tersebut secara
singkat dijelaskan sebagai berikut:
1.
Product (produk) adalah segala sesuatu
yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau
dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design,
feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and returns.
2.
Price (harga) adalah sejumlah uang yang konsumen
bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi last
price, discount, allowance, payment period, credit terms, and retail price.
3.
Place (tempat) adalah berbagai kegiatan perusahaan
untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar
sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments,
locations, inventory, and transport.
4.
Promotion (promosi) adalah berbagai
kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada
pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion,
advertising, sales force, public relation, and direct marketing.
https://agusnuramin.wordpress.com/2010/11/13/pengantar-bisnis-part-7-konsep-pemasaran/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar