Cerita
Perjalanan Menuju Koperasi
Siang itu, hari rabu tanggal 11 november 2015 sehabis
pulang kuliah saya, tri aldi, sole, dan trisna berencana untuk berkunjung ke
koperasi yang berada di cibinong. Kami berempat janjian untuk bertemu didepan
kampus E karena, sole saya dan trisna akan menunaikan ibadan solat dzuhur
terlebih dahulu dan tri aldi pulang ke kosan untuk meminjam sepeda motor sambil
menunggu kita selesai solat.
Kita berkunjung kesana dengan menggunakan sepeda
motor. Saya berboncengan dengan sole dan trisna berboncengan dengan tri aldi,
kita berencana tiba disana tepat pukul 2 siang karena koperasi akan tutup pada
pukul 4 sore. Namun perjalanan tidak semulus yang kami rencanakan. Karena siang
itu matahari sangat terik dan jalanan lumayan macet saya merasa haus dan lapar
saya meminta sole jika melewati indomaret tolong mampir sebentar, dan ternyata
sole, tri aldi, dan trisna juga merasa haus dan lapar. Tidak jauh dari situ
kami menemukan indomaret dan kami memutuskan untuk mampir dan istirahat sejenak
di indomaret tersebut untuk membeli minuman dan cemilan. Kami pun melanjutkan
perjalanan, di tengah
perjalanan motor sole tiba tiba berhenti dan sayapun langsung panik saya
bertanya kepada sol, “ kenapa motor kamu tiba tiba berhenti?” dia bilang
“bensinnya habis dan saya lupa membeli bensin, saya fikir bensin segini masih
cukup untuk sampai di tempat tujuan” tetapi permkiraan itupun salah, karena pom
bensin diderah itu lumayan jauh dari tempat kita berhenti kita memutuskan untuk
menyuruh tri aldi membeli bensin dan ditempatkan di botol aqua yang kita beli
tadi. Saya merasa beruntung disitu karena kita tidak sendiri dan kita tidak
repot untuk mendorong motor hingga ke pom bensin. Setelah beberapa menit kita
menunggu tri aldi datang dan langsung menuangkan bensin ke tangki motor sole.
Setelah itu kita melanjutkan perjalanan lagi, jam
sudah menunjukkan pukul 2 siang saya berfikir kita terlambat untuk sampai
disana dan pasti ka frisca sudah menunggu di sana. Sesampainya di Koperasi
kredit Sejahtera Cibinong kita bertemu dengan kak frisca ia langsung
memperkenalkan kita dengan temannya selaku karyawati di koperasi tersebut.
Namun sayangnya sewaktu kita ingin mewawancarai beliau, beliau tidak bisa
karena ada tugas penting yang harus ia kerjakan, lalu kita hanya diberi sebuah
buku namun buku itu berisikan tentang koperasi kredit sejahtera. Kita meminta
maaf kepada ka frisca dan temannya karena sudah menunggu lama dan kami
terlambat untuk tiba disana namun alhamdulillahnya mereka mengerti karena
perjalanan lumayan jauh dan cukup macet. Setelah kita selesai dan mendapatkan
buku itu kita semua berpamitan untuk pulang. Kita tidak janjian lagi untuk
berkumpul disuatu tempat tetapi kita sepakat siapa yang sudah sampai terlebih
dahulu harus memberi kabar agar kita tidak khawatir.
A. Sejarah Koperasi Kredit Sejatera
Koperasi Kredit
Sejahtera Cibinong telah berdiri sejak tanggal 05 Oktober 1972. Yang kini
beralamat di jalan Mayor Oking no 45 Cibinong. Disahkan Badan Hukum No. 6262 A/BH/KWK 10/5 pada tanggal 23 September 1975.
Pengertian koperasi sendiri menurut Koperasi Kredit Sejahtera yaitu perkumpulan
otonom dari orang-orang yang bergabung secara sukarela untuk memenuhi kebutuhan
dan aspirasi ekonomi, sosial dan budaya mereka yang sama, melalui perusahaan
yang dimiliki bersama dan diawasi secara demokratis. Serta koperasi harus
berlandaskan nilai-nilai menolong diri sendiri, swa-tanggung jawab, demokrasi,
persamaan hak, keadilan, kesetiakawanan, dan kejujuran. Berdasarkan tradisi
para pendirinya, para anggota koperasi percaya pada nilai-nilai etis:
kejujuran, keterbukaan, tanggung jawab sosial dan peduli pada orang lain. Selain
itu prinsip-prinsip koperasi juga ditanamkan yaitu keanggotaan terbuka dan
sukarela, pengendalian oleh anggota secara demokrasi, partisipasi ekonomi
anggota, otonom dan kemerdekaan, pendidikan, pelatihan, dan informasi kerjasama
antar koperasi, dan kepedulian terhadap lingkungan.
Sebagai suatu
bentuk badan usaha Koperasi Kredit Sejahtera juga mempunyai visi dan misi. Visi
Koperasi Kredit Sejahtera yaitu terwujudnya lembaga keuangan yang dikelola
secara profesional berdasarkan nilai-nilai dan prinsip koperasi. Sedangkan misi
Koperasi Kredit Sejahtera yaitu mengembangkan ekonomi anggota melalui:
pelayanan simpanan dengan bunga memadai, pelayanan pinjaman dengan bunga yang
kompetitif, konsultasi manajemen keuangan.
Koperasi
Kredit Sejahtera dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan pertumbuhan,
hal ini merupakan ciri dari koperasi yang sehat karena swadaya Koperasi Kredit
Sejahtera 100% tanpa bantuan dan sumbangan dari pihak manapun. Hal ini merupakan
yang diharapkan oleh semua pihak termasuk Pemerintah, dan telah sejak lama
Koperasi Kredit Sejahtera menjadi koperasi dengan swadaya murni. Banyak orang
beranggapan bahwa koperasi hanya sebagai “pelengkap penderita” perekonomian nasional,
tidak demikian dengan Koperasi Kredit Sejahtera karena koperasi ini selalu
mengalami peningkatan pertumbuhan setiap tahunnya, sisa hasil usaha tidak
pernah turun, bahkan selalu naik. Hal
ini disebabkan karena prinsip kehati-hatian dalam pembiayaan selalu diterapkan
oleh Koperasi Kredit Sejahtera ditekankan seefesien mungkin. Selain itu fungsi
pengurus, pengawas, dan manajemen Koperasi Kredit Sejahtera berjalan sesuai
dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing, mereka merupakan penggerak dalan
Koperasi Kredit Sejahtera. Selain itu kondisi yang meunjang kebutuhan Koperasi
Kredit Sejahtera yaitu semakin tingginya kesadaran anggota untuk menyimpan dan
meminjam di Koperasi Kredit Sejahtera yang disertai angsuran tepat waktu sesuai
dengan perjanjian. Simpanan wajib yang awalnya hanya Rp 10.000,- per bulan kini
naik menjadi Rp 20.000,- per bulan tentunya tidak memberatkan anggota karena
tidak sampai seribu perhari. Sedangkan simpanan pokok dari Rp 25.000,- menjadi
Rp 100.000,-. Koperasi Kredit Sejahtera juga menghimpun simpanan kapitalis yang
diberlakukan mulai Januari 2006.
VISI
Lembaga keuangan yang
sehat dan terpercaya pilihan utama masyarakat
Misi
Meningkatkan kesejahteraan
masyarakat melalui pelayanan keuanganyang prima dan profesional
B.
TUJUAN
1.
Melatih para anggota untuk menghemat dengan
menabung teratur sehingga terhimpun sejumlah dana untuk masa depan.
2.
Menyediakan pinjaman murah, cepat, dan terarah
3.
Mengembangkan sikap bijaksana dalam
mempergunakan uang
4.
Menumbuhkan sikap percaya diri dan persaudaraan
5.
Meningkatkan kesejahteraan dengan proses
pendidikan melalui kegiatan ekonomi.
C.
SLOGAN KOPERASI KREDIT SEJAHTERA
P : Patuh melaksanakan Trilogi Kopdit
R: Rendah hati dan jujur
I: Ikhlas
melaksanakan tugas dan kewajiban
M: Meraih
kesejahteraan bersama-sama
A: Anggota sejati menjadi tujuan utama
D.
STRUKTUR ORGANISASI KOPERASI
Kedudukan yang
paling tinggi ialah Manager. Manager ini adanya dipusat Koperasi Kredit
Sejahtera Cibinong. Setelah itu ada Asisten Manager. KKS memiliki cabang
sehingga harus ada Kepala Cabang. Kepala Cabang dengan Kepala Bagian satu jajar
tingkatnya. Contoh dari Kepala Bagian ini sendiri ada Kepala Bagian Keuangan,
Marketing, Pinjaman dan juga ada Kepala Bagian Umum serta Kepala Bagian Kredit.
Kepala Bagian Marketing contohnya ada Customer Service, sedangkan Kepala Bagian
Umum ada Security.
E. SUSUNAN PENGURUS, PENGAWAS, DAN
MANAJEMEN KOPERASI KREDIT SEJAHTERA
Adapula susunan Pengurus, Pengawas, dan Manajemen Koperasi
Kredit Sejatera yaitu sebagai berikut:
a) Pengurus:
Penasehat :PUSKOPDIT BOGOR-BANTEN
1. Ketua :CH. Sukiman
2. Wakil Ketua :M. Wiratmoko
3. Sekretaris :Agus Asikin
4. Bendahara :B. Puji Astuti
5. Anggota 1 :YB. Mulyono
6. Anggota 2 :Eduard Koemoro
7. Anggota 3 :Yayat Sutaryat
b) Pengawas:
1. Ketua
:Sutanto Andya Hamid
2. Sekretaris :M. Tri Budoyo
3. Anggota :Rini Lisiawati
c) Manajemen:
Manajer :B. Siwi Murwani
Bagian Keuangan :
1.
Kasir :Eka Sugihartiningsih
2.
Layanan :Maria Rafida
3.
Layanan :Daru Widya
4.
Layanan :Musafak
Administrasi Umum :Sugiyo
Bagian Layanan Kredit:
1.
Primurti
2.
Iman Kurnianto
3.
Sumiati
4.
Warsono
F.
KELOMPOK-KELOMPOK AKTIF
1.
Cisilian Christine :Lingkungan
Sidamukti dan sekitarnya
2.
Hanafi Suganda :Lingkungan Nanggewer dan
sekitarnya
3.
Alip Parsidah :Lingkungan Pakansari dan
sekitarnya
4.
Emerita Serry :Lingkungan SLTP Negeri 1
Cibinong
5.
Y Trijono :Lingkungan Pasar Mini Depok
Timur
6.
PT Mentari Golf Sentul :Lingkungan Karyawan PT Mentari Golf & Sentul City
7.
Gina & Ikoh :Lingkungan
Desa Tugujaya-Cigombong
Mengenai
keanggotaan koperasi kredit sejahtera dari tahun ketahun ini mengalami
peningkatan. Tahun ini jumlah anggotanya sebanyak 4.968 orang, namun jumlah
anggota yang keluar atau berhenti ada 249 orang. Alasan anggota keluar atau
berhenti antara lain: pindah alamat 99 orang (39,8%), tidak kerja/terkena PHK
33 orang (13,3%), rumah terlalu jauh
dari koperasi 9 orang (3,6%), tidak dapat mengikuti peraturan Koperasi Kredit
Sejahtera 24 orang (9,6%), meninggal 6 orang (2,4%), keuangan 38 orang (15,3%),
tindakan indisipliner 3 orang (1,2%), dan lain lain 37 orang (14,8). Pelayanan
Perlindungan Resiko (Daperma) juga diberikan kepada ahli waris anggota Koperasi
Kredit Sejahtera yang meninggal dunia.
Dalam bidang peningkatan mutu Sumber Daya Manusia, maka
pengurus, pengawas, manajemen serta anggota Koprasi Kredit Sejahtera diikut
sertakan dalam program pelatihan maupun seminar yang diselenggarakan oleh Puskopdit Bogor-Banten, Inkopdit maupun
instasi lain. Seperti pelatihan dasar calon anggota dan pelatihan dasar
kelompok sms untuk para calon anggota koperasi, pelatihan akuntansi,
kepengawasan, lokakarya, serta seminar untuk para pengawas, pengurus, dan
manajmen.
Dalam menjalankan tugas, pengawas menerapkan metode yang
berlaku dalam Gerakan Koperasi Kredit Indonesia (GKKI), dan lembaga keuangan
pada umumnya. Pemeriksaan tersebut meliputi: pemeriksaan terhadap phisik uang
kas,pemeriksaan terhadap dokumen-dokumen dasar, penilaian terhadap capaian hasil
kerja. Semua hal tersebut sesuai dengan program kerja Pengawas dan Laporan
Pertanggungjawaban Pengurus (LPJP) yang merupakan salah satu obyek penilaian
pengawas yang meliputi aspek organisasi, aspek keuangan, aspek permodalan, aspek
manajemen, dan penilaian terhadap kesehatan koperasi. Dalam aspek keuangan
Koperasi Kredit Sejahtera secara umum mengalami pertumbuhan yang positif, namun sayangnya dalam analisa Kinerja Kunci
masih ada angka dibawah standar pearls yaitu Simpanan Non Saham dan
Profitabilitas terhadap Asset. Dalam aspek manajemen secara teknis Koperasi
Kredit Sejahtera didukung oleh peralatan yang canggih dalam operasionalnya.
Komputer yang dimiliki tidak hanya sebagai alat ketik atau hitung, softwere
semakin disempurnakan untuk dapat menampilkan media informasi yang dibutuhkan.
Mulai sebagai alat bantu dalam mengerjakan proses pembukuan sampai sebagai
media informasi baik dalam hal staus simpanan, pinjaman, tunggakan anggota, dan
informasi lainnya. Dalam hal tunggakan, bagian pinjaman masih bisa menekan
sampai angka 2,9% angka tersebut masih dibawah batas toleransi Kinerja Kunci.
Koperasi Kredit sejahtera memiliki hal-hal yang tidak
dimiliki oleh para pesaing/competitornya,
yang harus ditaati bersama antara lain:
1.
Tetap berpegang teguh kepada nilai-nilai dan
prinsip-prinsip koperasi
2.
Tetap semangat dalam pendidikan, swadaya, dan
kesetiakawanan
3.
Mengembangkan sikap ketekunan,kejujuran, dan
kedisiplinan serta persatuan pada seluruh insan Koperasi Kredit Sejahtera
4. Anggota adalah orang-orang penting, karena
anggota disamping sebagai nasabah juga sekaligus sebagai pemilik, sehingga
berhak menentukan arah tujuanKoperasi Kredit Sejahtera melalui rapat anggota.
5.
Berhak memilih dan dipilih sebagai Pengurus/Pengawas
melalui Rapat Anggota
6.
Pengendalian oleh anggota secara demokratis
G.
PERMODALAN KOPERASI KREDIT SEJAHTERA
Permodalan Koperasi Kredit Sejahtera
murni 100% dari apa yang anggota simpan. Koperasi Kredit Sejahtera memegang
konsep “Dari Anggota, Antar Anggota dan Oleh Anggota”. Tidak menggunakan
permodalam pihak ke-3. Jadi hanya perputaran modal saja yang digunakan.
H.
JASA PELAYANAN
1. Simpanan
a). Simpanan Pokok : Simpanan anggota
yang disetorkan ke koperasi cukup sekali saja selama menjadi anggota. Simpanan
ini akan mendapat jasa berupa Deviden dari Surplus Hasil Usaha (SHU) setiap
tahun.
b). Simpanan Wajib : simpanan anggota
yang bersifat wajib disetorkan ke koperasi setiap bulan dengan jumlah yang
sudah ditetapkan sesuai aturan yang berlaku. Simpanan ini akan mendapat balas
jasa berupa Deviden dari Surplus Hasil Usaha (SHU) setiap tahun.
c). Simpanan Sukarela : simpanan
anggota dengan jumlah yang sesuai kemampuan anggota, dengan mendapatkan balas
jasa yang kompetitif.
d). Simpanan Masa Depan : Simpanan
anggota yang rutin setiap bulan sesuai dengan kesepakatan anggota. Simpanan dapat
diambil setelah jatoh temponya.
e). Simpanan Khusus Berjangka :
Simpanan anggota sejenis deposito dengan nominal terendah Rp 1.000.000,-(satu
juta rupiah) dengan jangka waktu minimal 6 bulan dan jasa yang kompetitif,
dapat diperpanjang secara otomatis.
f). SITAMAN (Simpanan Tarik Mandiri) :
simpanan harian anggota yang dapat ditarik setiap saat dan mendapat jasa setiap
bulan.
g). SIJARUM(Simpanan Jaminan Rumah &
Mobil) : Simpanan untuk jaminan rumah & mobil yang besarnya 25% dari
harga rumah/mobil yang dibeli. Sijarum tidak dapat ditarik selama pinjaman
belum lunas dan mendapat balas jasa simpanan.
2. Pinjaman
a). Pinjaman Prima : adalah pinjaman
dengan jasa pinjaman menurun
b). Pinjaman Swadaya : adalah pinjaman
sebesar 90% dan Simpanan anggota, efektif untuk keperluan mendadak.
c). Pinjaman Produktif : pinjaman untuk
penambahan modal kerja anggota
d). Pinjaman Perumahan : adalah
pinjaman untuk pembelian tempat tinggal anggota.
e). Pinjaman Pendidikan : adalah
pinjaman untuk membiayai pendidikan anggota atau putra putri anggota.
f). Pinjaman Khusus : adalah pinjaman
pada waktu tertentu, misalnya Lebaran ceria, Gebyar KKS, dll.
g). Pinjaman Mobil dan Motor : adalah
pinjaman untuk anggota yang membutuhkan kendaraan bermotor.
3. Pendidikan dan Pelatihan
Koperasi
Kredit Sejahtera secara rutin mengadakan pendidikan dan pelatihan kepada anggota
untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan anggota.
Jenis-jenis
Pendidikan dan Pelatihan:
·
Pendidikan dasar manajemen keuangan
·
Pelatihan manajemen keuangan keluarga
·
Pelatihan menjadi anggota sejati
·
Pelatihan kewirausahaan
·
Pelatihan pinjaman untuk kesejahteraan
4. Daperma
Adalah
dana perlindungan bersama yang fungsinya seperti asuransi untuk melindungi
simpanan (simpanan pokok dan simpanan wajib) dan pinjaman anggota Koperasi
Kredit Sejahtera. Serta santunan duka bila anggota meninggal dunia.
·
Pengembalian simpanan pokok dan wajib maksimal
30jt
· Santunan duka disesuaikan dengan besarnya
simpanan (simpanan pokok dan simpanan wajib) dan usia pada sat meninggal.
5. PRESTASI
· Penghargaan koperasi simpan pinjam yang SEHAT
dari Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Penghargaan Kab.Bogor tahun 2010
· Penghargaan Koperasi Simpan Pinjam BERKUALITAS
dari Badan Akreditasi Koperasi Jawa Barat 2013
· Koperasi kredit dengan jumlah anggota paling
banyak se-Jawa Barat (sesuai data INKOPDIT (Induk Koperasi Kredit) tahun 2013)
· Rangking 7 dari 100 Koperasi se-Jawa Barat (SK
Kadis Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Barat No. 188.4/450/Kop, tertanggal 28
Februari 2014)
·
Koperasi skala besar tingkat Provinsi Jawa Barat
tahun 2014
I.
ALAMAT KOPERASI KREDIT SEJAHTERA
Jalan Mayor
Oking No. 54 Cibinong Bogor 16917. Telp (021)875 3889, 8790 6517, 8791 295.
Sumber: Buku Koperasi Kredit Sejahtera
Nama Kelompok : 1. Soleh Muhammad Firdaus (2A214407)
2. Tri Aldi Alviyanto (2C214913)
3. Trisna Purnama Sari (2A214881)
4. Zhonia Hana R (2C214671)
5. Frisca
Play Online Casino Website For Free At LuckyClub.live
BalasHapusLuckyClub 카지노사이트luckclub Online Casino is the fastest growing online gambling site. Play casino games and get 100% up to $500 Welcome Bonus. No deposit required.